Makanan Khas Taiwan Yang Harus Kalian Coba

2 min read

Sukapergi.com – Warga Taiwan kaya keberagaman suku dan budaya yang sama-sama bersatu. Rasakan budaya kulineran lokal yang paling prima di sini. Situs Informasi CNN bahkan juga pernah menyampaikan kulineran Taiwan yang harus dicicip. Situs rekreasi Taipei sudah pilih 8 tipe kulineran yang harus dikonsumsi. Bila ingin rasakan budaya Taiwan yang dalam, mulai dari coba makanan kecil lokal!

Makanan Khas Taiwan Yang Harus Kalian Coba

Mie kuah sapi

1. Mie kuah sapi

Mie kuah sapi adalah satu diantara makanan merakyat Taiwan. Untuk membuat mie sapi yang nikmat, tiga elemen dari mie, sup dan daging sapi tidak boleh kurang. Kuahnya sebagai sari khusus dari mie kuah sapi. Umumnya dibuat dalam sup Hongshao, kuah biasa dengan dipertambah daging sapi sirloin dan urat sapi yang sudah direbus. Cobalah mie sapi dari stan kecil sampai restoran tua. Tiap toko mempunyai langkah penyuguhan mie kuah sapi yang sedap sesudah lakukan riset yang cermat. Itu dia penyebab mie sapi jadi bintang makanan Taiwan. Tiap toko mempertajam otak dalam memburu pembuatan mie kuah sapi yang begitu enak.

2. Misoa kuah usus (tiram)

Misoa ialah makanan umum Taiwan. Selainnya dihidangkan saat ulang tahun (pertanda panjang umur), atau diolah jadi misoa kaki babi, misoa minyak wijen. Misoa kuah usus (tiram) sudah jadi makanan kecil ciri khas Taiwan yang populer. Bahan intinya berbentuk tiram dan misoa. Tiram akan digabung dengan tepung kanji lebih dulu, kadang digabung dengan usus babi. Nikmat tidaknya misoa kuah tiram ditetapkan dari ukuran tiram, kesegarannya, dan proses penyemuran usus babi. Pembagian dengan seluruhnya misoa akan tentukan kualitasnya. Saat melahap, janganlah lupa menambah cuka hitam, cincangan bawang putih, daun ketumbar untuk menambahkan cita-rasa!

Baca Juga! :  Seafood RM Berkat Solo Baru

3. Omelet tiram

Tepung susunan luar omelet tiram yang prima harus memiliki tekstur renyah. Dibuat dari tepung ubi, tepung kanji. Saus asam manis rahasia tiap-tiap toko akan menyuguhkan rasa yang lembut dan kenyal. Saat dikunyah, keharuman telurnya akan penuhi mulut anda, ditambahkan lagi sayur fresh seperti selada, sayur pakcoy, dan paling akhir tiram fresh yang gemuk. Rasa laut yang asin, fresh akan selekasnya mencair pada sebuah kunyahan. Omelet tiram adalah masakan ciri khas yang perlu dicoba saat jalanan di pasar malam.

4. Tahu busuk

Keharuman ciri khas yang dibuat dari peragian tahu dikatakan sebagai “Tahu busuk.” Rasanya yang unik biasa dimasak atau dikukus/direbus dan sebagai makanan kecil ciri khas lokal. Stan Taiwan mayoritas jual tahu busuk goreng yang dikonsumsi bersama dengan Kimchi ala-ala Taiwan (atau ala-ala Sichuan) untuk kurangi rasa berminyak. Tahu busuk mala (pedas) sebagai langkah makan terkini di Taiwan dengan dipadukan oleh darah bebek, sayur kol acar, kuah pedas kental ditambah lagi tahu busuk ciri khas. Ada pula restaurant yang menambah usus besar babi yang dikatakan sebagai “Hot pot usus dan tahu berbau (Da Chang Chou Chou Guo).”

5. Stik ayam

Stik ayam ini bisa dikatakan sebagai “Ketua dari makanan rakyat devil.” Di bagian makanan kecil, dia diberi status baru. Rasa steak ayam ini lebih banyak peralihan, diawali dari stik ayam pedas yang ditabur dengan bubuk cabai, selanjutnya ada pula steak ayam yang ditabur dengan bubuk 5 rempah, bubuk rumput laut, bubuk mustard, dll. Ada pula stik ayam honey yang diasinkan dengan madu, stik ayam yang berisi keju didalamnya. Langkah masaknya berlainan dengan goreng tradisional, ada yang dipanggang, di gratin. Ada pula toko yang mengutamakan pada ukuran stik ayamnya yang jumbo, atau memakai sisi lain seperti paha ayam, stik paha ayam dll. Karena bisa dikonsumsi dengan ringkas dan mengenyangkan, jadikan stik ini sebagai makanan tertop setiap tempat dan pasar malam dan jadi sajian kecil umum ditemukan di Taiwan.

Baca Juga! :  Pecel Jamur Mbak Sulys Depan RS Otopedi Solo

6. Teh susu mutiara (Bubble milk tea)

Saat menyentuh stik ayam, teh susu mutiara pun tidak bisa terlewati. Gabungan makan steak bersama teh susu mutiara bisa disebut ialah langkah konsumsi makanan kecil yang paling classic. Teh susu mutiaranya bukan hanya membuat kesan seni. Sembari minum, onde hitam (mutiara) yang ditambah ke teh susu akan menghadirkan pengalaman baru pada lidah kita saat kita kunyah mutiara yang kenyal ini! Rasanya yang unik mendapatkan reputasi secara cepat dan saat ini sudah menjadi satu diantara minuman yang paling sebagai wakil Taiwan. Dalam sekian tahun ini, minuman ini sudah terkenal sampai ke Asia Timur, Eropa, Amerika bahkan juga Asia tengah.

7. Es serut

Es serut masuk pertamanya kali di Taiwan saat periode penjajahan Jepang. Es dihancurkan dengan mesin pembuat es, selanjutnya dipertambah dengan beragam jenis topping di atasnya. Sekarang ini sudah jadi es yang biasa ditemukan di jalanan. Es paling populer di Taiwan ialah es serut Mangga yang sempat dipilih sebagai satu diantara makanan pembersih mulut paling enak sedunia oleh CNN dan majalah pariwisata. Cicip satu mangkuk es serut mangga yang sarat dengan cita-rasa Taiwan, atau coba minuman es serut memory rakyat Taiwan saat kecil seperti es serut keladi, es serut kacang merah atau es serut gula merah kuno!

8. Nastar

Nastar (pineapple pastry) ialah makanan ringan populer Taiwan. Bahan khusus berbentuk tepung terigu, mentega, gula, telur, buah kundur, selai nastar. Sisi luarnya gurih, didalamnya halus, ber harum manis nenas, jadikan rasa lokal simpel ini jadi maskot Taiwan. Plesetan bahasa Minnan dari nenas ialah “Ong lai” memiliki makna berezeki dan makmur. Nastar sebagai salah satunya cinderamata paling populer untuk beberapa pelancong yang liburan ke Taiwan.